Sabtu, 07 Juli 2012

IMUNSASI

1.Pengertian Vaksin
Vaksin adalah antigen dapat berupa bibit penyakit yang dilemahkan atau dimatikan (bakteri,virus atau riketsiadapat juga berupa toxoid dan rekayasa genetika (rekombinan). Bila vaksin diberikan kepada sasaran manusia maka akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.
2.Penggolongan berdasarkan sensitifitas terhadap suhu
a. Vaksin yang peka terhadap suhu dingin dibawah  0 0c yaitu vaksin SF  (Freeze sensitive = sensitive beku ) seperti : Hepatitis B, DPT, DPT-HB,DT, TT.
b. Vaksin yang peka terhadap suhu panas berlebih (>34 0c) yaitu vaksin HS (heat sensitive= sensitive panas), seperti : BCG, Polio, Campak.
c. Kerusakan vaksin terhadap sinar matahari / Ultraviolet
semua vaksin akan rusak bila terkena sinar matahari secara langsung
3.Imunisasi dibagi menjadi 2:
a.Imunisasi dasar yaitu pemberian imunisai pada bayi umur 0-9 bulan. Yang meliputi imunisasi Hepatitis B, DPT-HB ( dosis tiga kali pemberian), polio ( Dosis empat kali pemberian) dan campak.
b. Imunisasi tambahan yaitu imunisasi yang diberikan pada Usia sekolah  yang meliputi campak,DT dan Td. Dan TT Pada WUS (wanita usia subur)
4.jenis vaksin program imunisasi
a.vaksin BCG Untuk pemberian kekebalan aktif terhadap penyakit TBC (tuberkulosa)
b.Vaksin DPT-HB untuk pemberian kekebalan secara simultan terhadap difteri,pertusis(batuk rejan),tetanus dan Hepatitis B
c. vaksin Polio untuk pemberian kekebalan aktif terhadap poliomyelitis.
d. Vaksin Campak untuk pemberian kekebalan aktif terhadap penyakit campak.
e. Vaksin Hepatitis B untuk pemberian kekebalan aktif terhadap infeksi yang disebabkan oleh virus Hepatitis B, tidak dapat mencegah infeksi virus lain seperti  Hepatitis A/C.
f. Vaksin TT untuk pemberian kekebalan aktif terhadap Tetanus

Jadwal Pelaksanaan Imunisasi Rutin Puskesmas Sukomulyo
SETIAP HARI RABU  MINGGU KE  1 DAN 3 : BCG, POLIO, CAMPAK, DPT-HB, TT.
      MINGGU KE 3 DAN 4 : POLIO, DPT-HB, TT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar